Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. .
Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut. ;
- Sistem as
- Sistem elektronik
- Sistem pembakaran
- Sistem pengemudian
- Sistem pengereman
- Sistem roda
- Sistem suspensi
- Sistem transmisi
distributor adalah perangkat di sistem pengapian pada mesin pembakaran internal yang rute tegangan tinggi dari coil pengapian ke busi dalam urutan menembak yang benar. Penyalaan baterai pertama yang dapat diandalkan dioperasikan dikembangkan oleh Dayton Engineering Laboratories Co (Delco) dan diperkenalkan pada Cadillac 1910. pengapian ini dikembangkan oleh Charles Kettering dan dianggap suatu keajaiban dalam sehari.Isi [hide]1 Deskripsi2 Distributor tutup3 Langsung & distributorless pengapian4 Lihat juga5 Referensi[Sunting] Deskripsi
Ini terdiri dari lengan berputar atau rotor di dalam tutup distributor, di atas poros distributor, namun terisolasi dari itu dan tubuh kendaraan (tanah). Poros distributor ini didorong oleh gigi di camshaft. (Biasanya poros distributor meluas untuk juga mendorong pompa minyak.) Bagian logam dari kontak rotor kabel tegangan tinggi pusat dari kumparan melalui sikat karbon musim semi dimuat. Bagian logam dari lengan rotor lewat dekat (tapi tidak menyentuh) kontak output yang terhubung melalui ketegangan yang tinggi menyebabkan busi setiap silinder. Ketika rotor berputar dalam distributor, arus listrik dapat melompat kesenjangan kecil dibuat antara lengan rotor dan kontak yang disebabkan oleh tegangan tinggi yang diciptakan oleh coil pengapian.Poros distributor memiliki cam yang mengoperasikan pemutus kontak. Membuka poin menyebabkan induksi tegangan tinggi di kumparan pengapian sistem.Distributor juga rumah unit sentrifugal muka: satu set beban berengsel melekat pada poros distributor, yang menyebabkan titik pemutus mounting plate untuk sedikit memutar dan memajukan percikan waktu dengan rpm mesin yang lebih tinggi. Selain itu, distributor memiliki unit muka vakum bahwa kemajuan waktu lebih jauh sebagai fungsi dari vakum di inlet manifold. Biasanya ada juga kapasitor melekat pada distributor. Kapasitor dihubungkan sejajar dengan poin breaker, untuk menekan pencetus dan mencegah aus pada poin.
Sekitar tahun 1970 [rujukan?] Poin breaker utama sebagian besar digantikan dengan sensor efek Hall. Karena ini merupakan perangkat non-menghubungi dan sirkuit primer dikendalikan oleh elektronik padatan, jumlah besar pemeliharaan dalam penyesuaian titik dan penggantian dieliminasi. Ini juga menghilangkan masalah dengan pengikut pemutus atau memakai cam, dan dengan menghilangkan beban sisi distributor memperpanjang hidup bantalan poros. Sekunder yang tersisa (tegangan tinggi) rangkaian adalah sebagai dijelaskan di atas, menggunakan single coil dan distributor rotary.[Sunting] topi Distributor
Seorang distributor cap digunakan dalam mesin mobil untuk menutupi distributor dan rotor internal.Distributor cap memiliki satu posting untuk setiap silinder, dan dalam sistem pengapian poin ada tulisan pusat untuk arus dari kumparan pengapian yang masuk ke distributor. Dalam pengapian energi tinggi (HEI) sistem tidak ada pos pusat dan kumparan pengapian duduk di atas distributor. Di bagian dalam topi terdapat terminal yang sesuai dengan setiap posting, dan terminal plug diatur sekitar lingkar tutup sesuai dengan urutan pembakaran untuk mengirim tegangan sekunder busi yang tepat pada waktu yang tepat.Rotor melekat ke atas poros distributor yang didorong oleh gigi di camshaft mesin dan dengan demikian disinkronkan untuk itu. Sinkronisasi untuk camshaft diperlukan sebagai rotor harus mengaktifkan tepat setengah kecepatan poros engkol utama dalam siklus 4-stroke. Seringkali, distributor rotor dan melekat langsung ke ujung salah satu (atau satu-satunya) camshaft, di ujung ke drive belt timing. Rotor ini ditekan terhadap sikat karbon pada terminal pusat distributor cap yang menghubungkan ke koil pengapian baik melalui bagian atas dan kabel langsung ke kumparan dalam sistem HEI, atau melalui terminal pusat dalam sistem pengapian poin dan jarak jauh yang terhubung ke kumparan. Rotor dibangun sedemikian rupa sehingga tab pusat elektrik terhubung ke tepi luar sehingga arus masuk ke pos pusat perjalanan melalui titik karbon ke tepi luar rotor. Sebagai camshaft berputar, rotor berputar dan tepi luarnya setiap melewati terminal steker internal untuk setiap api busi secara berurutan.mesin mobil yang menggunakan distributor mekanis dapat gagal jika mereka lari ke genangan air dalam karena air yang bocor ke dalam distributor dapat singkat keluar arus listrik yang harus pergi melalui busi, rerouting langsung ke badan kendaraan.Hal ini pada gilirannya menyebabkan mesin berhenti sebagai bahan bakar tidak dinyalakan dalam silinder. Masalah ini bisa diperbaiki dengan menghapus tutup distributor dan pengeringan tutup, cam, rotor dan kontak oleh: menyeka dengan kertas tisu atau lap bersih, dengan cara meniup udara panas pada mereka, atau menggunakan yaitu kelembaban perpindahan semprot WD 40 atau mirip . Minyak, kotoran atau kontaminan lainnya dapat menyebabkan masalah yang sama, sehingga distributor harus tetap bersih dalam dan luar untuk memastikan operasi yang handal.Tutup distributor adalah contoh utama dari komponen yang akhirnya menyerah terhadap panas dan getaran. Ini adalah bagian yang relatif mudah dan murah untuk menggantikan jika perumahan bakelite yang tidak putus atau retak pertama. Karbon deposit akumulasi atau erosi dari terminal logam perusahaan juga dapat menyebabkan kegagalan distributor-tutup.[Sunting] pengapian Direct & distributorless
Seorang distributor cap digunakan dalam mesin mobil untuk menutupi distributor dan rotor internal.Distributor cap memiliki satu posting untuk setiap silinder, dan dalam sistem pengapian poin ada tulisan pusat untuk arus dari kumparan pengapian yang masuk ke distributor. Dalam pengapian energi tinggi (HEI) sistem tidak ada pos pusat dan kumparan pengapian duduk di atas distributor. Di bagian dalam topi terdapat terminal yang sesuai dengan setiap posting, dan terminal plug diatur sekitar lingkar tutup sesuai dengan urutan pembakaran untuk mengirim tegangan sekunder busi yang tepat pada waktu yang tepat.Rotor melekat ke atas poros distributor yang didorong oleh gigi di camshaft mesin dan dengan demikian disinkronkan untuk itu. Sinkronisasi untuk camshaft diperlukan sebagai rotor harus mengaktifkan tepat setengah kecepatan poros engkol utama dalam siklus 4-stroke. Seringkali, distributor rotor dan melekat langsung ke ujung salah satu (atau satu-satunya) camshaft, di ujung ke drive belt timing. Rotor ini ditekan terhadap sikat karbon pada terminal pusat distributor cap yang menghubungkan ke koil pengapian baik melalui bagian atas dan kabel langsung ke kumparan dalam sistem HEI, atau melalui terminal pusat dalam sistem pengapian poin dan jarak jauh yang terhubung ke kumparan. Rotor dibangun sedemikian rupa sehingga tab pusat elektrik terhubung ke tepi luar sehingga arus masuk ke pos pusat perjalanan melalui titik karbon ke tepi luar rotor. Sebagai camshaft berputar, rotor berputar dan tepi luarnya setiap melewati terminal steker internal untuk setiap api busi secara berurutan.mesin mobil yang menggunakan distributor mekanis dapat gagal jika mereka lari ke genangan air dalam karena air yang bocor ke dalam distributor dapat singkat keluar arus listrik yang harus pergi melalui busi, rerouting langsung ke badan kendaraan.Hal ini pada gilirannya menyebabkan mesin berhenti sebagai bahan bakar tidak dinyalakan dalam silinder. Masalah ini bisa diperbaiki dengan menghapus tutup distributor dan pengeringan tutup, cam, rotor dan kontak oleh: menyeka dengan kertas tisu atau lap bersih, dengan cara meniup udara panas pada mereka, atau menggunakan yaitu kelembaban perpindahan semprot WD 40 atau mirip . Minyak, kotoran atau kontaminan lainnya dapat menyebabkan masalah yang sama, sehingga distributor harus tetap bersih dalam dan luar untuk memastikan operasi yang handal.Tutup distributor adalah contoh utama dari komponen yang akhirnya menyerah terhadap panas dan getaran. Ini adalah bagian yang relatif mudah dan murah untuk menggantikan jika perumahan bakelite yang tidak putus atau retak pertama. Karbon deposit akumulasi atau erosi dari terminal logam perusahaan juga dapat menyebabkan kegagalan distributor-tutup.[Sunting] pengapian Direct & distributorless
desain mesin modern telah meninggalkan distributor dan koil, bukan melakukan fungsi distribusi di sirkuit primer secara elektronik dan menggunakan pulsa utama (tegangan rendah) untuk kumparan individu untuk setiap busi, atau satu coil untuk setiap pasangan silinder pendamping dalam mesin (dua kumparan untuk, empat silinder tiga gulungan untuk, enam silinder empat gulungan untuk delapan silinder, dan seterusnya). Dalam sistem tradisional distributorless remote, kumparan dipasang bersama dalam minyak transformator diisi, 'coil pack' atau gulungan terpisah untuk setiap silinder, yang dijamin di tempat yang ditentukan dalam kompartemen mesin dengan kabel ke busi, mirip dengan distributor setup. Coil pack oleh Delco untuk digunakan dengan mesin General Motors memungkinkan penghapusan kumparan individu dalam kasus orang harus gagal, tapi di sebagian besar setup lain distributorless terpencil, jika sebuah kumparan adalah untuk gagal, penggantian seluruh paket akan diperlukan untuk memperbaiki masalah. layout yang lebih baru memanfaatkan kumparan terletak sangat dekat atau langsung di atas satu sama busi (Direct Ignition, koil 'DI' atau-on-plug). Pengaturan ini menghindari perlu switch tegangan sangat tinggi, yang sangat sering menjadi sumber masalah, terutama dalam kondisi basah. Kedua sistem langsung dan jarak jauh distributorless juga memungkinkan tingkat yang lebih halus kontrol pengapian oleh mesin komputer, yang membantu meningkatkan output daya, penurunan konsumsi bahan bakar dan emisi, dan fitur melaksanakan seperti Bakar Active Management. kabel Busi, yang perlu diganti rutin karena memakai, juga dieliminasi ketika kumparan individu ditetapkan secara langsung di atas setiap steker, dengan percikan diangkut jauh dari kumparan melalui boot karet untuk pasang.mesin 2-silinder dapat dibangun tanpa distributor, seperti pada Citroen 2CV tahun 1948 dan sepeda motor BMW petinju kembar. Kedua busi dari petinju kembar dipecat secara bersamaan, menghasilkan terbuang percikan pada silinder saat ini buang stroke nya.
Setiap pengguna sepeda motor pasti berharap bisa mengendarainya untuk jangka panjang. Untuk itu pemilik sepeda motor harus memperhatikan perawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor tergantung dari pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. So tak ada salahnya Anda cermati tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motor berikut:
- Tanda-tanda kerusakan
Pada umumnya setiap kerusakan pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untuk mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidak normal/tidak seperti biasanya pada sepeda motor Anda. Sikap demikian akan membantu dan memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.
- Cermati kerusakan
Apabila terjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak boleh ditunda lebih lama dengan kata lain harus segera diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidak punya cukup keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan memperbaikinya seorang diri. Karena disamping buang waktu dan tenaga maka kerusakan bisa jadi akan tambah parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.
- Kerusakan beruntun
Apabila sepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan yang berturut-turut dan lebih dari satu sebab maka cara yang paling tepat adalah periksalah bagian-bagian yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu baru kemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya ke bengkel dengan keterangan yang lengkap jadi akan memudahkan mekanik nya untuk memperbaikinya.
- Kerusakan kecil
Apabila terjadi kerusakan kecil di jalan seperti kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel, kebocoran bensin/oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin yang ruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Akan tetapi jika kerusakan yang terjadi mengakibatkan patahnya komponen utama dan memerlukan pembongkaran mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.
Nah, tak sulit bukan jika Anda mulai mencoba bersahabat dengan kendaraan sendiri, semakin rajin merawat, tentu semakin sedikit biaya yang bakal anda kelurkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar